Inovasi Desa Karangpelem Tanam Durian Varietas Terbaik

Bupati Sragen, dr. Hj. Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengapresiasi inovasi yang dirintis Desa Karangpelem. Ia berharap apa yang dilakukan Pemdes untuk menggali potensi desa di Karangpelem itu bisa dicontoh oleh desa-desa lain sesuai dengan karakter dan potensi yang dimiliki

Pemerintah Desa Karangpelem, Kecamatan Kedawung sejak tahun 2018 membagikan total ada 2.800 bibit durian montong super genjah yang dianggarkan dari dana APBDes kepada semua warganya  Di desa ini, bahkan hampir semua rumah warga tumbuh buah durian cukup lebat. Sebagian di antaranya malah sudah berbuah. Usut punya usut, ternyata durian itu memang sengaja diprogramkan oleh Pemdes setempat untuk diberdayakan semua warga.

Hingga akhir 2020 ini, umur pohon durian itu sudah jalan tahun ketiga. Sehingga diproyeksikan dua tahun mendatang, sudah akan ada panen raya durian. Harapan Kepala Desa Suwanto beserta warga desa Karangpelem, buah durian ini akan menjadikan potensi unggulan  dengan program One Village One Product. Harga durian yang mahal, diharapkan bisa menjadi sumber pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan warga. Namun lebih dari itu, semangat memberdayakan durian itu juga sebagai upaya mengajak masyarakat memanfaatkan pekarangan yang ada. Lantas menjaga kehijauan lingkungan dan sebagai upaya konservasi udara di wilayahnya.