Bantuan Sosial Provinsi BUMDesa Selaku Penyedia Bahan Pangan

Pada hari Kamis tanggal 25 Juni 2020 Kepala Dispermadesdukcapil Provinsi Jawa Tengah mengadakan monev Bantuan Sosial Pangan di BUMDesa Masaran Berdikari Desa Masaran, Kecamatan Masaran.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memberikan Bantuan Sosial Pangan bagi masyarakat terdampak COVID-19 melalui Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah dalam bentuk sembako. Sasaran penerima Bantuan Pangan Masyarakat Terdampak COVID-19 dengan kriteria: masyarakat non-DTKS diusulkan dari Kabupaten dan/atau masyarakat/kelompok/ organisasi yang belum tertampung dalam ususlan, pedagang kecil yang tidak dapat berjualan, pekerja informal yang tidak bisa bekerja sehingga tidak punya penghasilan, perantau (pelajar, mahasiswa, karyawan) yang tidak dapat mempunyai penghasilan. buruh/karyawan yang dirumahkan atau PHK, masyarakat/kelompok rentan lainnya yang mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan hidup akibat dampak COVID-19 atau janda Perintis Kemerdekaan. Kebijakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memberikan peluang kepada BUMDesa sebagai penyedia bantuan sembako dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Untuk Kabupaten Sragen Tahap I sebanyak 27 BUMDesa telah menyelesaikan penyediaan bahan pangan sejumlah 15.611 KPM oleh 27 BUMDesa Bantuan yang diberikan selama 3 (tiga) bulan dengan rincian beras Premium 10 kg, minyak goreng kemasan 2 liter, telur ayam 1 kg, kecap manis 275 ml, ikan/lauk senilai Rp. 20.000, dan mie telur 400 gr.